Thursday, December 1, 2016

Saritem



Taon 2000, mulai ma au gabe asistenni bapatuakku Prof. Raguel Sinaga, ima Guru Besar Ilmu Panghirapon di Fakultas Hadatuon Universitas Nagori Ujungbondar. Ai tung godang do ilmu rahasia naso hea dibukka tu mahasiswa, ala holit do Prof. Raguel mambagi ilmu pamungkasna i. Idok beliau i, molo tu anak manang boru dang boi lehonon mata kuliah ilmu hadatuon. Molo naeng marsiajar, ikkon takkoon ma inna buku The Magic Principles alias bukku laklak.
Nunga marsiajar hagolapon, tong muse ikkon laosan patik pa-6 hon “Unang ho manakko”. Oloma gabe dobel dosa i di joloni sintua.
Ala sai hupaksa dengan ancaman ikkon maninggalhon ibana di Nagori Ujungbondar molo dang dilehon ibana mata kuliah ”tahan dibodil”, sebagai penggantina diajari Prof. Raguel ma au ilmu “Panghirapon”, alai khusus holan manghirap akka ina-ina.
Maup do bah, ndang olo au memparsiajari ilmu i. Magissing deh... Hira naso berguna do huhilala ala risiko bahaya kerusakan mata, alana medium na mataniari do attong. Ikkon tatapon ma langsung tu mataniari, sega ma dah matakki ala sinar ultra violet i. Ikkon bollang-bollangma mata niba hira matani gulamo manatap mataniari jala nijaha ma mantra huhut nigoran goarni “target” sijouon i.

Alai hupikkirima, atik boha tahe adong gunana haduan, nioloan ma manjalo i. Atik ginjang rohani Nai Salipoppot par Amrik tu au, boido attong nijou ibana asa ro somba-somba minta ampun molo hupakke ilmu i, dengan syarat asalma hona sinar mataniari ibana di bariba laut. Nangpe susa do memastikan mataniari di Amrik rap bersinar do manangna dang dohot mataniari di Nagori Ujungbondar tikki mangulahon ilmu i alani perbedaan waktu. Molo arian di Amrik, nga borngin di Nagori Ujungbondar dan sebalikna.

Pendek cerita, huterima ma attong ilmu “panghirapon” i. Dung sah penerimaan ilmu i, husuba ma di balian pas tikki mambahen benteng ni hauma au.
Huingot adong hian do najolo donganku sakarejo sahalak ina-ina goarna si Saritem. Janda ni namora, jala attar lekket do huida inatta on.. Atik boha olo tahe ro mandulo au, hatop nama au kaluar sian parhatobanon babel on. Ai dang tahan be au namangula i dohot mangida panerbeng ni akka ina-ina di huta i. Alana termasuk “cover boy” do au disi.
Hape tikki malam inagurasi jadi mahasiswa, diambil sumpah do au “Unang ho mangalangkup”. Lapatanna di hata Indonesia: “Jangan engkau telungkup di atas orang yang bukan isterimu.” Hupabalikma poda i, berarti molo telentang di bawah isteri orang tidak disinggung dalam pasal itu. Jadi tergantung hita do menginterpretasi patik i.

Nga pas hos ni ari, kira-kira jam 11.30 WIB, humulai ma attong manjaha mantra.
“Hei bunga setangkai Tiga di kananku Bintang terang di kiriku Sarinaluh bukan tersarih Aku manis dipandang si SARITEM Aku manis berkato-kato..Kuh!!”
Sai mulak-ulak ma attong hujaha mantra i huhut hubollang mataniari.

Dung jam 13.00 WIB, huidama ro akkang borukku. Asing huida akkangboru i. Songonna mamakke abit naimbaru warna pink, hape birong do akkang i. Dang matching. Marhua pakkeonna tu balian abit shopping.
Dung jonok, dipakkulingi akkang ima au. Idokma: “Na dijou ho do au anggi?”
Hualusi ma: “Daong akkang! Si Saritem do hujou.”
Idok ma muse: “Ai si Saritem do goarhu anggi. Lengkapnya, Saritem Hasiholan.”
Bah??? Mauffff… Huhut do dipatudu akkang i ngingina naung lobangon i jala main mata ibana dengan genit.

Molo au parsudakkuma opppungeehh!! Langsungma margele au di gabbo i hira horbo asa unang sanga dijobba ibana au. Molo kotor dang mungkin haolon ni akkang i au inna rohakku, ai nga pas hira si Arnold Shwarzenegger tikki main di film “Predator”.

Alai tongdo sai naeng di jobba akkang i au. Dang parduli ibana na kotor au marlumpur. Langsung ma hubuat pisokku, marlojong ma au tu binanga. Di pinggir hauma i adongdo husuan botik (pepaya). Hutappulhon ma tappukni bulungna i, malluppat ma au tu binanga ai nga sai dilelei akkang boru i au. Menyelam ma au tu lubuk ni binanga nabagas i, jala hupakke ma tappukni bulung botik i gabe selang pernafasan.

Dung satonga jom, mumbang ma au. Dang disi be huida akkang borukki. Hundul-hundul ma au di pinggir ni binanga i huhut sai mekkel-ekkel sahalak au hira narittik.

Dang sadia leleng roma akka ama-ama sian huta termasukma amangborukku Siregar.
Idok amangborukki ma: “Tulang!! Idok Nattulang naposo maup hamu inna di binanga on. Ido umbahen na ro hami,nanaeng mangalului Tulang do.”
Hualusi ma: “Hamu ma maup amangboru, dang maup au.”

 https://www.facebook.com/notes/r-yacob-christian-sihombing/saritem-/1112735215445189
Ditulis kembali dari bataktoday.com, 5 Maret 2016
Karya : Sobiran Sinaga

Pak Mantri Halak Hita . . .

Pak Mantri Halak Hita . . .

Adongma karyawan kilang padi ni bapatuakku namargoar si Bosi. Nunga tolu ari dang masuk karejo ibana. Disuruh bapatua ima au manukkun tu jabuna atikna karejo do manang dang be. Alana nunga godang antri na melamar tu kilang i.
Hubereng ma si Bosi modom-modom di jabuna. Jala husukkun ma boasa dang masuk karejo. Idok ibana ma sambil itujuk tu au: “Unang turut campur jo hamu lae. Nunga leleng persoalan on.”

Bah? Dang adong sopanna. Simaup do huroha amatta on inna rohakku. Keponakanni tokkena ro dang dihormati? Bohama carana boi naek pangkatni amatta on ate…hahaha…
Hape di dapur do attong inattani si Bosi. Ala dibege dang sopan si Bosi,langsung murukma inatta i. Idok inatta ima tu si Bosi: “Aha nimmu leleng..haaaaa? Ibaen naso hea be hita ML???”

Aiiijjiabakkk. Alani naso dilehon inatta ido i hape jatahna asa mogok kerja si Bosi. Maup ma tibba i…hahaha…
Pura-pura ma attong husukkun aha lapatanni ML. Nga sahat tu huta-huta istilah on inna rohakku.
Dialusi inatta ima: “Hira naso diboto hamu do nian ito. Pura-pura angsa do hamu huida. Hamu sian kota do masa dang diboto hamu artini ML. Molo ML lapatanna MarsiLonggian.”…dagadaga…
Nga ummalo halakon akka bahasa prokem..hehehe…

Alani maila au mambege na masalah sisongoni do hape intini persoalan nasida, husuruma attong halaki nadua huddul. Hira hakim ma au mengadili.
Hudokma: “Ai naso maila do hamu marbadai alani akka sisongonon? Ai tung polisi pe huboan padamehon hamu nga parekkelanna annon. Ai aha do tutu masalahna Nattulang makana mogok hamu mangalean ubatni Tulang on? Gabe mogok ibana karejo. Ahama allangonmu molo songonon? Akka dakdanak i pe nga onom halak muse, mangallang gabbo nama i sude”.
Dialusi inatta ima: “Nionnnn…. si Bosi simaup on. Sai holanna em-el torus pangidoanna. Sai maosss holani karejoan. Goknai ulaon ito. Molo dang nilean mardandi. Mogok karejo. Maila iba tu akka hobbar jabu ito. Tiap taon holanna juttul torus iba. Loja mangurus akka dakdanak soadong dipardulihon ibana. Holan sae karejona pittor laho do tu lapo. Mirdongma mulak tu jabu ala natuakon. Alai tong sai lalap holanna mangido sappur. Botul do sarupa tu goarnai. Bohama onderdil bosi tahe.”
Sabbil tangis do inatta i mandok. Semangat inattai curhat. Gogo muse do tangisna i sappe kaluarma nomor 11 na i.
Alai si Bosi goppang do dang olo mangalo. Sai udduk ma ibana. Geok-geok do nian idaon akka parhuta-huta marbadai. Ai soadong diboto sabban makkatai asalma dipapuas nadi rohana i.
Asima attong rohakku mangida halaki nadua. Hudokma: “MarsiLonggian ma hamu Nattulang apala sahalion. Pelema songoni asa sonang rohani Tulang on. Sona magona muse i.”  Sabbil huurbitma inatta i.
Alai senyum-senyum ma si Bosi. Senyum iblis.
Hudokma muse: “Gok do nuaeng dilean pamaretta akka alat-alat kontrasepsi atik mabiar hamu hamil,”
Dialusi inatta ima huhut dipagogo tangisna: “Dibahen naso hamu do inang-inangni si Bosi on asa neang-neang hamu makkatai. Memang alani biarhu do nian hamil. Dohot do nian au KB ito. KB suntik. Alai dang makkan suntik i. Ai umbalga do suntikni si Bosi babi ooooon. Gabe talu do suntikni bidan desa i. Molo pakke KB naasing dang sossok au ito. Gabe olodo mirdong au mangallang pil KB. Nidok amattaon on asa dikasing (dikebiri) dang olo ibana. Ai nadianggap ho do au pinahan lobu, inna do ito. Makkana pusing au ito. Ido mambahen mogok au.”  
Ido hape??? Langsung muncul do attong bohlam pijar di utok-utokku. Asal bagian songonon attong urusanku mai..hahaha…

Huingot ma attong tikki mangoperasi si Solu amatta mantri hewan na di Parapat i, hutakko do sian meja kerjani mantri hewan i jarum suntikni horbo sada dohot obat anti hamil ni pinahan lobu sabotol.
Husuruma antong asa ro inattani si Bosi tu jabu. Hudokma: “Ima Nattulang. Molo hurang denggan ubat nasian pamaretta i, di jabu adongdo ubat husimpan buatan Amrik”.
Marjanji ma ibana naeng ro tu jabu.

Dung saminggu baru pe attong ro inattani si Bosi tu jabu. Dipaboama alasanna asa jolo ias ibana habis menstruasi.  Alana hudok do syaratna ikkon songoni.
Tikki naro inattani si Bosi tu jabu nami naeng marubat, dalam kondisi mirdong do au manukkuni sude medical record ni inattai. Baru dope minum tuak au sian balian.
Dipaboa ibana ma rupani kehidupan parrumatanggaon nasida siganupari, termasukma kelainan seksual ni si Bosi. Dipaboa inatta i ma, naikkon tolu hali ma saborngin MarsiLonggian asa jolma dihilala si Bosi si maup i.

Habis marsarita inatta i, dipaksa inatta ima au manuntikkon ubat buatan Amrik i. Nga mulai borngin. Nga mirdong be au mulak sian paragatan. Ai attar godangdo huinum tuak i. Hudok do asa marsogotma nian ro inatta i asa jolo sadar au nikku. Alai sai dipaksa inatta i do ikkon suntikonku borngin i. Alasanna muse idok inatta i, mabiar ibana borngin on mangido jatah muse si Bosi, hape dang siap dope tembok pertahanan. Ai ise be mangalo si Bosi oppungeeee? Haru ubatni pamaretta pe so makkan.

Toho tahe inna rohakku ma mardongan mirdong. Dang pola hujaha be merekni ubat i. Husedotma pakke jarum suntik horbo. Ukuranna pe dang huboto be piga milli liter. Alai habis do sude nadi botol nasa balgani botol kratingdaeng.
Husuntikkonma attong tu tengkuk ni inattai. Alana molo pinahan lobu, di tengkukna do disuntik inna rohakku.
Dung 1 menit, mulaima mangula huroa ubat i. Langsung juling ma matani inatta i jala marputar-putar. Aiaabak!! Mogap ma huhilala. Mungkin pengaruhni ubat anti hamil ima hormon estrogen ni pinahan lobu nasian obat suntik i.
Hupapos-posma rohakku. Sai huattuki ma ulukku pakke tanganku asa mago mirdongki. Sai martangiangi ma au. Atik jibbolangon inatta on maup ma hami nasaripe. Ai termasuk kriminal doi.
Huleanma didorguk inatta i tuak nabaru huboan i. Mulai ma ibana agak normal saotik. Hupaima ma 10 menit. Idok ibana ma: “Tambai hamu jo sagalas nai..aharroaaaa….” Bah? Ai hobbi na do hape minum tuak..hahaha…

Pendek hata, mulak ma inatta i mambal-abbal sian jabu nami. Agak lega ma pakkilalaanku…
Dung mulak inattai, huperiksama botol ni ubat naung habis i. Hujahama attong. Hape disurat pakke bahasa Inggeris do. Dosisni na sabotol i untuk 30 ekkor pinahan lobu dengan masa efektif dua periode masa birahi pinahan lobu. Attar ima hujaha di botol i…dagga. Pantas do tarbalik simalolongna i jala sanga kero sattokkin. Hukira-kirama rupani, anggo inattani si Bosi on ikkon sining (mandul) ma 45 taon ke depan.
Dung 2 ari nai, roma si Bosi tu jabu mandok mauliate. Idok si Bosi ma: “Dang parsuma ro hamu lae tu huta on. Ima ate labana namarsikkola i.”

Dibagas rohakku, tena!! Gabe huingot ma pangalahoni si Bosi on mula-mula ro hami tu huta i. Si Bosi on do naparjolo mandok, marhua mulak tu huta nga doktorandus. Nga sai naeng hutujjangkon nian parateateanna i.
Husukkun ma ai tung ahado namambahen apala las hian rohani si Bosi. Dialusi si Bosi ma: “Memang luar biasa do lae ubat nasian Amrik i. Salelengon dang hea songoni heppotni pardijabu. Mantap hianma Lae. Tiap ari ma sai mangido ikkon manguge ibana. Ai modom pe gabe manungging nama ibana lae. Tinggal lop nama au”.
Maupma si Bosi...

https://www.facebook.com/notes/r-yacob-christian-sihombing/pak-mantri-halak-hita-/1111255105593200
Ditulis kembali dari bataktoday.com, 3 Maret 2016
Karya : Sobiran Sinaga


Selalu . . .

Romeomu ini sedang terluka
Tapi kau tak bisa lihat darahnya
Bukan apa-apa, hanya perasaan
Bahwa anjing tua ini dicampakkan

Hujan terus turun sejak kau tinggalkanku
Kini aku tenggelam dalam banjir
Kau tahu aku orang yang pantang menyerah
Namun tanpamu aku menyerah

Kini tak bisa kunyanyikan lagu cinta
Seperti sedia kala
Memang, kurasa aku tak sebagus dulu
Namun kasih, aku tetaplah aku

Dan aku kan selalu mencintaimu, selalu
Dan aku akan di sana selamanya dan satu hari nanti, selalu
Aku akan di sana sampai bintang tak lagi bersinar
Sampai bumi hancur dan,
Kata-kata tak lagi memiliki arti
Dan aku tahu saat aku mati, kau akan selalu di pikiranku
Dan aku akan selalu mencintaimu, selalu

Sekarang foto yang kau tinggalkan
Menjadi kenangan masa lalu
Sebagian membuat kita tertawa, sebagian membuat kita menangis
Sesuatu yang membuatmu harus mengucap perpisahan
Yang membuatku untuk membelai rambutmu
Menyentuh bibirmu, mendekapmu erat
Saat kau ucapkan doamu, dan mencoba untuk mengerti
Aku telah berbuat salah, aku hanyalah manusia
Saat dia mendekapmu erat, saat dia memelukmu lekat
Saat dia ucapkan kata-kata yang telah lama ingin kau dengar
Aku akan berharap aku adalah dirinya karena itu adalah kata-kataku
Yang kukatakan padamu terakhir kali

Iya, aku akan mencintaimu kasih, selalu
Dan aku akan ada hari ini dan selamanya, selalu

Jika kau pinta aku menangis untukmu, akan kulakukan
Jika kau minta aku mati untukmu, akan kulakukan
Pandanglah wajahku, semua akan kulakukan
Untuk mengucapkan kata-kata ini padamu

Memang aku tak berharap ada keberuntungan
Dalam lemparan dadu ini
Namun kasih jika kau beri aku satu kesempatan lagi
Bisa kita susun kembali mimpi lama kita
Dan hidup kita yang dulu
Akan kita temukan tempat di mana matahari masih bersinar

Mitos “Sistem Tanda” Personal Branding

Manusia kekinian rela melakukan hal-hal tak masuk akal sebagai perjuangan realisasi “imajinasi mitos”. Bahwa saya harus selalu kelihatan fresh, unyu, unik, branded, trendsetter, smart, tanpa jerawat, seksi, semlohai, bahkan tak pernah kentut demi maksimalisasi ganjen, menjadi citra personal yang kita rayakan. 
 
Apa pun imajinasi yang kita rengkuh untuk diri kita, demikianlah kita, dalam ungkapan Jean-Paul Sartre, “menciptakan proyeksi dari suatu ketiadaan menjadi (seolah) benar-benar ada”. Imajinasi, kita tahu, adalah sebuah simulasi, maket, proyeksi masa depan.
 
Kita membayangkan bahwa ketika kita bepergian ke sebuah mall, dengan bercelana slim-fit, bersepatu converse, rambut mohawk, sebagai personal branding, kita sontak tertampilkan di mata sepapasan orang-orang sebagai “si keren”. Itulah proyeksi imajinasi yang kita ciptakan dari ketiadaan. Perihal karakter “si keren” itu benar-benar kita raih atau justru memualkan, kita tak punya hak sama sekali untuk memaksanya. Itu mutlak milik semua orang di luar diri kita. Kita sepenuhnya subjek yang diobjekkan oleh subjek kita sendiri, sehingga orang-orang lain menjadi subjek penentu maujud objek kita. Sedih sekali, bukan?
 
Betapa kerap kita menggumam di telinga sendiri tentang noraknya gadis di depan mata dengan hot pants, tank top, heels, rambut pirang, dan i-Phone yang tak pernah tanggal dari tangan, lantaran kulitnya penuh bekas borok dan perutnya diselubungi lemak-lemak. Bukankah acap sekali kita menelan ludah kecewa pada sesosok BMW (Bodi Mengalahkan Wajah) yang dari belakang tampaknya Syahrini tetapi dari depan begitulah?
 
Bahwa isi batin, jagat iman, terekspresikan dalam simbol-simbol lahiriah, itu benar, tetapi tetap saja dimensi batin sebagai “jembatan diri dan Tuhan”—yang berbeda telak dengan dimensi lahiriah sebagai “jembatan manusia dan manusia”—merupakan ontologinya, hakikatnya. Bukankah sia-sia belaka saya berdoa berkotbah, mengutip ayat dari kitab-kitab suci, tetapi batin menghasratinya sebagai pamer? Bukankah sia-sia pula berbusana sedetail pandangan hijab syar’i tetapi di detik yang sama batin menista hina orang lain yang tidak serigid penampilan Anda?
 
Sumir sekali memang sistem-sistem tanda ini jika dikaitkan dengan jagat batin. Ia pun tak mampu menyangkal gemetar betapa ia sekadar sebuah mistifikasi, mitologisasi—penabalan sistem tanda lahiriah yang artifisial pada batiniah yang suprarasional.
 
 
https://www.facebook.com/notes/r-yacob-christian-sihombing/mitos-sistem-tanda-personal-branding/1109631465755564

Cinta Berdarah

ANAK ulama atau pandita kalau lanang disebut Bambang, nek wedok Endang. Endang Pujawati berarti putri pandita. Dan pandita itu bukan ulama stempel penguasa. Ia ulama yang merdeka. Maka ia disebut wiku. Hatinya putih. Namun wujud sang wiku itu, hiii..nggilani…, raksasa mengerikan. Namanya Resi Bagaspati.
 
”Disebut resi karena sebelum jadi wiku dulunya Bagaspati tentara,” jelas Gareng kepada adik-adiknya sesama ponokawan.
 
”Kalau sebelum jadi pandita seseorang itu pejabat sipil, namanya apa Reng?”
 
”Hehe, begawan, Truk. Inget kan bapaknya denmas Bowo, suwargi Djojohadikusumo? Kita sebut begawan ekonomi. Sebelumnya jabatan almarhum sipil sebagai menteri…”
 
”Ah, repot,” Bagong menimpali. ”Julukan kok berubah-ubah. Ada juga kok orang yang julukannya tetap itu-itu saja. Pas diangkat jadi menteri namanya ya itu. Pas lumpur Lapindo pertama nyembul, namanya masih sama. Pas terpilih jadi ketua umum partai, masih itu juga. Eh, pas ngotot perkoro Century sampek nggletek wae akhirnya toh jadi ketua sekretariat bersama (gabungan) partai-partai koalisi, apa namanya terus berubah jadi Dasamuka, hayo, tetep kan..?”
 
Bagong ndak perlu direwes. Gareng malah terus saja melanjutkan ceritanya tentang Endang Pujawati dari pertapan Argobelah. Ojok salah lho, Rek. Bapaknya tok sing raksasa. Tapi sang putri itu sendiri bersosok manusia jelita.
 
. . .
 
Kabarnya siswa-siswi di bekas jajahan Belanda, Inggris, Portugis, dan lain-lain ini sangat rendah nilai bahasa Indonesia-nya dalam ujian nasional. Umpamane Endang Pujawati ikut serta, menurut Gareng, pasti nilai bahasa Indonesia-nya jauh lebih ancur lagi.
 
Memang, Endang Pujawati ce’ cintane ke bahasa Indonesia. Ia pun sangat piawai menggunakan bahasa persatuan tersebut untuk dapat persis menggambarkan secara rinci isi pikiran dan perasaannya. Tapi sama sekali dia tidak mudeng tata bahasa dan hal-hal lain yang sifatnya hafalan seperti yang ditekankan soal ujian nasional. Apalagi dalam ujian nasional, kemampuan mengarang tidak dites.
 
Namun, umpamane putri Resi Bagaspati ini pernah jadi murid silek Minang (silat Minang), pasti peraih nilai terendah bahasa Indonesia dalam ujian nasional ini sebaliknya menjadi siswi yang paling kinclong dan moncer.
 
Gareng inget penuturan Gusmiati Suid, seniwati besar dari Ranah Minang. Ketika pertama belajar silek Minang pada masa kanak-kanak almarhumah, sang guru hanya mengajak jalan-jalan. Tetapi sang guru sangat menekankan dan menagih kejelian, keawasan, serta perhatian siswa-siswinya.
 
Sepulang dari keliling alam, sang guru kadang mendadak meminta murid-muridnya untuk bercerita secara rinci, runtut, dan tuntas tentang apa yang telah dialami oleh pancaindra mereka sepanjang perjalanan. Misalnya berapa persisnya jumlah pohon bambu yang dilewati, berapa jenis suara kicau burung, bagaimana rasa tanah tertentu di telapak kaki, apa saja bau yang diendus di sungai, pematang, hutan….
 
”Wah, Kang Gareng,” Petruk memotong, ”Endang Pujawati saking rinci, runtut, dan tuntasnya kalau ngomong, pasti bagus kalau jadi tukang jual obat di pasar-pasar.”
 
”Tepat sekali, Truk. Kemampuan menjual, kemampuan bikin presentasi, itulah yang sangat kita perlukan sekarang. Bongso dewe iki pinter-pinter kalau bikin sesuatu. Nek ndak percoyo takono koncoku Mas Priyo. Apa yang ndak bisa kita gawe? Malah robot bikinan kita ada yang menang di kontes internasional. Tapi kita ndak gablek ngedol, ndak bisa jualannya…”
 
”Nggak jegos dodolan karena kita nggak bisa ngomong dengan rinci, runtut, dan tuntas seperti Endang Pujawati…?”
 
”Tepat sekali, Truk. Karena kita sudah tidak lagi mementingkan pelajaran mengarang. Ndak penting lagi itu maju satu-satu cerita di depan kelas… Mangkane pidato-pidato kampanye juga nggak ada yang menarik. Semuanya jadi klise…”
 
”Setuju, Reng. Pidato-pidato penerimaan piala festival film kita juga klise. Ndak seperti sambutan-sambutan singkat Piala Oscar. Seger. Omong ceplas-ceplos antara peserta dan juri American Idol juga menarik yo, Kang Gareng. Mungkin karena nduk sana ditekankan pentingnya pelajaran mengarang sejak sekolah dasar.”
”Tepat sekali, Truk!”
 
”Alah,” Bagong kembali nyeletuk, ”Ndak usah mengagung-agungkan Endang Pujawati. Kita juga sudah bagus kok bahasanya. Buktinya nang teve-teve itu kita sudah rinci, runtut, dan tuntas kalau disuruh debat, eker-ekeran, tukaran, padu soal opo wae…”
 
Bagong ndak usah direk’ken. Gareng kembali nerusno lakonnya tentang perempuan jelita yang pada suatu ketika membuat presentasi impiannya di depan ayahnya, Angganaputra alias Resi Bagaspati.
 
. . .
 
Endang Pujawati memang sangat mahir berbahasa untuk mengungkapkan isi ubun-ubun kepalanya. Dengan kalimat putrinya yang ringkas dan padat, saking terlatihnya mengarang, Resi Angganaputra langsung bisa tahu persis opo karepe putrinya.
 
Maka, di suatu hari respati alias hari keempat yaitu Kamis, Resi Bagaspati langsung tahu sosok yang diutarakan oleh putrinya cuma melalui untaian kata-kata. Pemuda yang dimaksudkan putrinya tentu Narasoma dari Kerajaan Mandaraka. Bagaspati langsung bersamadi. Hanya membatin sebentar, lebih cepat ketimbang jangka waktu dari Sri Melyana mundur ke Pak Izal maju jadi ketua Sekber Koalisi, tiba-tiba pemuda dari Mandaraka itu mak jleg sudah muncul di pertapan Argobelah. Telah bersila dia di bale pacrabakan, semacam pendapa untuk mewejang para cantrik.
 
Kelanjutan cerita mudah ditebak seperti skenario di DPR. Narasoma yang kelak berjulukan Prabu Salya yaitu mertua Baladewa, Adipati Karna dan Duryudana, menikah dengan Endang Pujawati yang kelak populer dengan julukan Dewi Setyawati. Usai nikah, Narasoma tinggal di pertapaan itu dan sangat disayangi oleh mertua raksasanya. Saking sayangnya, Resi Bagaspati malah mewejang ilmu pamungkasnya, Aji Candrabirawa.
 
”Narasoma, mantuku,” wejang sang Resi, ”Negaramu Mandaraka penuh teroris. Yaitu teroris yang membunuh banyak orang seketika dengan bom, maupun teroris yang membunuh banyak orang pelan-pelan dengan cara membuat mereka hidup di pas maupun di bawah garis kemiskinan… Orang salah kaprah menyebutnya koruptor. Padahal sejatinya mereka juga teroris. Nah, sifat teroris itu sama, dibunuh satu lahir dua, dibunuh dua lahir empat….
 
Oh, Narasoma, Aji Candrabirawa ini tak sanggup aku berikan pada Densus 88 bahkan kalau kesatuan itu juga berada di bawah KPK sekalipun. Hanya kuberikan kepadamu, Narasoma. Aji Candrabirawa ini akan sanggup menghadapi seluruh kelipatan teroris itu. Jangan kaget. Dengan aji pamungkas ini, dari badanmu akan muncul satu raksasa bajang, raksasa bocah. Kalau dibunuh dia malah akan hidup menjadi dua, dibunuh dua jadi empat, dibunuh empat jadi enambelas dan seterusnya menjadi kelipatan kuadrat, hahaha…”
 
Tapi, akhir cerita ini tidak mudah ditebak sehingga tidak mirip skenario Senayan. Suatu siang Narasoma ingin menjajal keampuhan Aji Candrabirawa. Sasarannya perempuan yang mengurus keuangan di pertapaan itu.
Kan kalau di pertapaan Putut adalah sebutan pemelihara pacrabakan, Cekel sebutan untuk juru taman, Janggan sebutan untuk juru tulis, Cantrik semacam office boy. Nah, perempuan itu tak jelas sebutannya. Narasoma mencium, perempuan yang amat disayangi resi itu kurang disukai oleh sebagian masyarakat Argobelah. Sebagian masyarakat malah mencurigai pernah ada kongkalikong keuangan antara perempuan itu dan sang resi.
 
”Weladalah! Narasoma, putra mahkota Kerajaan Mandaraka, jangan mengorbankan cewek itu,” wanti-wanti Resi Bagaspati seolah sudah punya firasat ndak enak. ”Dia perempuan. Ingat, adikmu juga perempuan, Dewi Madrim. Kita kaum lelaki, berpantanglah mengorbankan perempuan. Kalau kamu memang ingin menguji Aji Candrabirawa, sekarang juga arahkan itu kepadaku. Aku cuma pesan, kelak jangan kamu kawin dua, tiga, empat seperti raja-raja yang lain. Biarkan dunia mencatat bahwa kamu raja yang berbeda…”
 
Narasoma sungkem, sebelum mengarahkan Aji Candrabirawa. Tak lama setelah itu terdengar tangis merata di pertapaan Argobelah. Mahoni menangis. Beringin. Banteng. Bintang. Matahari. Semua menangis hormat. Burung garuda pun ikut bersuara.
 
https://www.facebook.com/notes/r-yacob-christian-sihombing/cinta-berdarah/1106326752752702 

Kentutlah yang Benar

Karang Kedampel kembali heboh. Setelah hilangnya Semar dalam jagat Arus Bawah-nya Cak Nun, si tua bertubuh tambun itu pun muncul kembali. Kini, kehadirannya untuk menentukan keputusan yang nggak amat-amat penting, tetapi sangat diperlukan untuk meluruskan sejarah dan menjaga adat budaya.
 
“Sudah semestinya Petruk diberi pelajaran, Romo,” ujar Gareng, sambil melinting tembakau srintil-nya.
 
“Hmm…, apa sebetulnya kamu ingin mengatakan kalau Romomu ini tidak mendidik adikmu, Reng?” tanya Semar yang leyeh-leyeh di dipan bambu.
 
“Bukan begitu, Mo. Tetapi alangkah baiknya jika si hidung panjang itu dikasih pelajaran lagi. Ya, agar tindak-tanduknya tidak merusak kebangsawanan keluarga.”
 
Semar yang mendengar hanya mesem kecut. Ia paham maksud anaknya, tetapi salah apa si Petruk. Bukankah memang begitu kelakuannya: menerjang aturan yang berlaku?
 
“Tingkah laku Petruk sudah menjadi perbincangan hangat di jagat maya, Mo. Kemarin, saat merti desa tiba-tiba ia kentut yang tidak selazimnya,” ungkap Gareng.
 
Lha dalah…, apa kentut bukan hal yang lazim, Reng? Bukankah kentut memang begitu adanya: keluar dan menyesap ke semua hidung?”
 
“Tetapi kentut Petruk sudah merusak tatanan, merobohkan paugeran desa, Mo. Boleh saja kentut, tetapi mbok ya sesuai dengan aturan yang berlaku.”
 
“Hahaha…. Kamu mengada-ada, Reng. Kentut kok merusak paugeran. Sejak kapan kentut masuk paugeran?”
 
“Sejak orang menyepakati perihal bunyi kentut, Mo.”
 
“Siapa yang menyepakatinya?”
 
“Orang-orang yang ahli kentut dan membunyikannya dengan baik. Lalu, ilmu berkentut itu diturunkan kepada orang-orang di sekitarnya.”
 
“Apa mereka yang menerima ilmu berkentut itu mengikuti?”
 
“Iya, Mo. Bahkan, saking banyaknya peminat, para suhu itu akhirnya membuka kursus berkentut. Semakin hari semakin banyak peminatnya. Mereka sampai kerepotan mengasuhnya. Kemudian, mereka mempunyai ide untuk membuat jadwal kursus kentut yang sahih.”
 
Semar hanya bisa dlongo mendengar ujaran anaknya.
 
“Romo nggak usah heran. Itulah kenyataannya di Karang Kedampel ini. Seharusnya Romo sebagai lurah lebih mahfum perihal kentut.”
 
“Yang aku heran, kok ya ada orang tertarik dengan cara berkentut, Reng.”
 
Lha, Romo ini bagaimana, bukankah kentut menunjukkan kepribadian seseorang? Semakin pintar berkentut berarti orang yang bersangkutan juga lihai dalam kehidupannya, Mo. Apa Romo tidak pernah kentut sehingga tidak tahu cara berkentut?”
 
Ngawur kamu. Aku kentut saat orang-orang sedang tidur, sedang berkelana di alam mimpinya. Bahkan, kentutku di alam mimpi, Reng.”
 
“Romo hebat.”
 
Semar menggeliat, perutnya sedikit mules. Ada sesuatu yang ingin menyeruak dari lubang anginnya, tetapi cepat-cepat ia menahannya. Sebab, ia sudah terlanjur berucap kalau kentutnya hanya pada saat mimpi. 
 
“Lantas, apa yang dihebohkan dari kentutnya Petruk, Reng?” tanyanya kemudian.
 
“Kentut Petruk tidak selumrahnya kentutnya orang-orang Karang Kedampel, Mo. Boleh dibilang, kentutnya Petruk membuat runyam Jonggring Saloko. Nah, yang dikhawatirkan para penduduk Karang Kedampel adalah murkanya Sang Hyang.”
 
“Wah, segitu gawatkah, Reng?”
 
“Bisa jadi, Mo.” Gareng berhenti sejenak. Hidungnya yang mulai mbeler ia usap dengan kaus partai yang ia dapatkan dari kampanye kemarin. Ia bertutur lagi, “Romo pasti tahu, kalau tata cara membunyikan kentut di Karang Kedampel hanya ada tujuh jenis: cas, ces, cis, cos, cus, tut, dan tot. Kemarin, bunyi kentutnya Petruk tidak memenuhi ketujuh jenis cara berkentut tersebut.”
 
“Terus, bunyi kentutnya Petruk bagaimana Reng?”
 
“Pokoknya lucu, Mo. Konon, kentutnya Petruk membuat telinga orang merasa geli. Ada yang beda.”
 
“Hahaha…, jangan-jangan mereka yang protes itu memang tidak akrab dengan bunyi kentutnya Petruk?”
 
“Jelaslah, Mo. Kalau akrab tentu mereka tidak akan protes dan menganggap kentutnya Petruk itu bid’ah mughaladhah!”
 
“Hahaha…, pasti orang-orang protes itu ketularan penyakit dari Negeri Kolo-Kolo, Reng.”
 
“Aku tidak tahu, Mo. Yang pasti, tugas Romo sekarang adalah membenarkan cara berkentutnya Petruk. Jangan sampai Sang Hyang murka hanya gara-gara kentut yang merusak paugeran.”
 
“Sebentar, Reng. Sebelum kita menegur Petruk, alangkah baiknya kalau kita mencoba menelisik bunyi kentut yang sudah menjadi pakem di Karang Kedampel ini.”
 
Keduanya diam sejenak, tetapi tangan mereka saling berebut ubi rebus yang tinggal secuil. Ah, akhirnya Gareng yang berhasil mengambil sisa camilan tersebut.
 
“Apakah kamu tahu, Reng, kalau sejatinya Sang Hyang memakemkan bunyi kentut?”
 
“Tidak, Mo. Yang aku tahu sekadar ‘berkentutlah yang sopan’. Itu saja.”
 
“Kalau begitu, berarti Dia membolehkan hamba-Nya kentut dengan suara-suara tertentu, misalnya kentut ala Petruk?”
 
“Aku juga tidak tahu, Mo. Mungkin saja boleh.”
 
“Kalau kamu tidak tahu, kenapa ikut-ikutan menghujat kentutnya Petruk?”
 
“Karena orang-orang mengatakan kentutnya Petruk tidak sesuai pakem, Mo.”
 
“Pakem yang tujuh itu?”
 
“Iya, masak ada lagi?”
 
“Lantas, kamu tahu asal-usul, sejarah, munculnya tata cara membunyikan kentut yang tujuh itu?”
 
“Tidak, Mo. Yang aku tahu, konon, bunyi kentut yang sudah menjadi pakem itu diajarkan oleh para guru yang datang dari negeri seberang.”
 
“Bagaimana kalau ternyata pakem perkentutan yang telah diajarkan oleh para guru itu tidak lain sebuah kebiasaan melagukan kentut dari negeri asalnya? Gampangnya, kentut itu hanyalah bunyi-bunyian hasil budaya dari negeri tersebut?”
 
“Bisa jadi, Mo. Namun, itu sudah menjadi lagu yang diamini banyak orang, Mo. Siapa yang ingin berkentut, selagi masih di Karang Kedampel, harus manut dengan paugeran tersebut.”
 
“Nah, inilah celakanya kita. Tidak pernah menelisik asal-usul tersebut. Kita hanya manut dan menganggap bunyi kentut yang tujuh itu seolah-olah dari langit. Padahal, Sang Hyang menciptakan kentut yang sama. Yang membedakan adalah dari silit siapa gas beracun itu keluar. Soal bunyi, itu sangat tergantung bentuk dan tebal tipisnya lubang angin tersebut. Tak ada perintah melagukan kentut, yang ada adalah berkentutlah dengan baik.”
 
“Kalau begitu, apa kelak akan ada kentut yang dibunyikan dengan jazz, Mo?”
 
“Boleh jadi. Tetapi, aku kira sangat-sangat tidak mungkin.”
 
“Kenapa, Mo?”
 
“Ya, selagi masih ada paugeran seperti yang kamu katakan itu.”
 
Hingga sekarang kentut Petruk menjadi berita hangat di media-media online Karang Kedampel. Ada yang pro, ada pula yang kontra. Padahal, masyarakat kahyangan adem ayem menghadapi kentutnya Petruk. Biasalah dunia online, maya, siapalah yang tahu batang hidungnya.
 
Dan kehidupan Karang Kedampel yang suka membesar-besarkan masalah akan terus begitu sampai elek, sampai tuek. Pokoknya njeplak, eksis, njeplak, eksis. Makanya berisik!
 
https://www.facebook.com/notes/r-yacob-christian-sihombing/kentutlah-yang-benar/1106852666033444

Kaum Waria di Negeri Wirata

Dari: wayang in Wayang Lindur
MENURUT pakem pewayangan, rampung 12 tahun ngumpet di belantara, Arjuna masih harus singitan setahun lagi di kerajaan Wirata. Anggota Pandawa ini harus nyamar jadi waria. Namanya juga harus khusus. Nggak boleh mirip dengan nama konco-konco waria di Stasiun Tugu. Namanya Kandi Wrahatnala.
 
Tapi onok masalah. Nduk negara yang dirajai Prabu Matswapati itu lagi santer-santernya ada gerakan anti-waria yang diprakarsai oleh ormas FPK, Front Pembela Kebetulan. Barang siapa tidak betul akan dibetulkan. Nek perlu kebetulan itu akan ditegakkan lewat jalur jotos-jotosan.
 
Saking judeknya dan takut jadi banci, Arjuna punya ide lain. Yok opo nek sesinglon warni jadi koruptor saja? Jadi koruptor akan jauh lebih aman ketimbang jadi bences. Front Pembela Kebetulan di negeri Wirata toh tak akan ngganyang bala koruptor. Biasanya mereka cuma punya nyali ngamuk anderpati pada penyanyi seksi, penjual miras, dan waria. Mungkin karena korupsi dianggap sudah betul. Tidak perlu dibetul-betulkan lagi melalui tinju gaya bebas.
 
Nama ganti Arjuna sudah disiapkan. Yaitu Raden Wraha Rekening. Wraha berarti babi hutan alias celeng. Raden Wraha Rekening berarti ksatria yang tabungannya tambun seperti celeng.
 
* * *
 
Ponokawan Bagong mendukung sekali. Itung-itung, ketimbang juragannya nyaru jadi banci malah diantemi Front Pembela Kebetulan, remuk jadi kerupuk nduk Rawon Setan. Arjuna alias Ciptaning total menyamar jadi perempuan pun bungsu ponokawan itu ndak setuju. Bilang misalnya berganti rupa Syahrina, penyanyi selalu tampil cantik...cantikkk...
 
”Mpun to, ndoro Arjuna. Monggo nyamar jadi koruptor saja. Raden Wraha Rekening itu nama yang tepat,” kata Bagong.
 
Balik ke ide semula njadi wandu Kandi Wrahatnala? Ooo, Bagong tidak bisa membayangkan akibatnya. Kekuatan Front Pembela Kebetulan sangatlah dahsyat. Di mata Bagong setara dengan Raden Gandamana, mahapatih Pancala. Ia ingat salah satu guru Bima ini menghajar Harya Suman yang awalnya ganteng sampai babak belur jelek jadi Sengkuni. Dilibasnya pula Bambang Kumbayana yang asalnya cakep sampai buruk rupa dan full cacat jadi Pandita Durna.
 
Ooo…Bagong tidak bisa membayangkan tindak-tanduk Gandamana itu akan dipraktikkan oleh Front Pembela Kebetulan kelak terhadap waria Kandi Wrahatnala.
 
Hanya Gareng yang masih pikir-pikir apakah ide Arjuna menyamar koruptor memang sudah pas. Sulung ponokawan ini mandek-mangu. Jadi waria Kandi Wrahatnala yang menjadi guru masak dan tari di dalam keraton, lebih mungkin tidak dipergoki oleh Front Pembela Kebetulan. Jadi koruptor? Waduh! Nanti kalau dituntut dan diselidiki oleh Jaksa Agung, tak urung identitas Raden Wraha Rekening akan terungkap di pengujung 12 tahun persembunyian Pandawa. Dan itu berarti, sesuai perjanjian judi dengan Kurawa, Pandawa harus balik lagi sembunyi di rimba selama 12 tahun.
 
* * *
 
Kita tahu sama tahu, setelah kalah taruhan dalam lakon Pandawa Dadu, Kurawa mewajibkan Pandawa sembunyi di hutan selama 12 warsa. Dalam tempo itu sekilas pun mereka boleh ketahuan keberadaannya. Jika ketahuan, mereka harus mengulang hitungan 12 tahun kembali dari nol.
Syahdan, di suatu hari sukro alias Jumat, di tengah hutan, tepatnya di tepi Telaga Dewatawana, Dewi Drupadi yang sedang ditemani Bima terpana oleh teratai keemasan yang tiba-tiba kampul-kampul di muka telaga.
 
”Bima yang gagah pideksa,” lirih ucapan Dewi Drupadi, istri para Pandawa, ”Kalau kau memang mencintaiku, setimpal dan setara seluruh cinta kakak dan adik-adikmu terhadap diriku, tolong ambilkan teratai kencana itu, untukku…”
 
”Hmmmm…” Bima cuma nggereng-gereng. Ksatria Jodipati ini memang telah mendapat warisan aji Wungkal Bener dan Bandung Bandawasa dari Raden Gandamana, aji yang sangat sakti dan mungkasi karya. Tapi Bima juga sangat awas. Terawanglah! Telaga Dewatawana bukan telaga biasa. Sangat angker. Hantu Keramas dan Suster Ngesot pun dijamin merinding mencebur telaga itu.
 
”Ayolah Bima, satrio godek wok simbar jojo. Begitu nistakah diriku sebagai istri kalian? Sampai tak berhak mencicipi sedikit kebahagiaan di tengah siang malam menemani pembuangan Pandawa selama hampir 12 tahun. Kalau kamu tidak dapat…?”
 
Byurrrr!!!!
 
Bima mencebur telaga. Bareng dengan penggebyuran Bima, telik sandi Kurawa yang sudah lama mengendap-endap di balik pohon beringin alas seketika menyergap sang Dewi. Jeritan Drupadi terdengar sampai ke balik gunung. Arjuna tersentak. Maling berhasil disergap dan diringkusnya. Ternyata sang durjana adalah Raden Jayajatra yang sejak dulu kala memang ngebet pada Drupadi. Ksatria dari Banakeling itu diserahkan kepada pemimpin Pandawa, Puntadewa. Cilakanya, Puntadewa mengampuni dan menyuruh Jayajatra pulang ke markas Kurawa di Astina.
 
Hutan pengasingan kembali tenteram.
 
Tiga hari setelah itu baru Pandawa panik. Gara-garanya Gareng pas tidur nglindur, ”Lho, Jayajatra akan lapor ke Prabu Duryudana. Berarti seluruh Kurawa sekarang sudah tahu di mana Pandawa berada…Aduh berarti kita harus mengulang nderek Ndoro Arjuno ngungsi 12 tahun lagi… waduh…waduh…!!!”
 
Gara-gara inilah Pandawa memutuskan segera hengkang dari hutan. Mereka mencari persembunyian baru sampai akhirnya mendapatkan gerbang negeri Wirata.
 
Sssttt….Andai ponokawan Petruk sudah pulang dari cuti ngungsi, mungkin Pandawa tak perlu tergopoh-gopoh pindah. Raden Jayajatra, menurut Petruk, tidak pernah resmi diangkat mewakili Kurawa. Maka ilegallah seluruh kegiatannya atas nama Kurawa memata-matai Pandawa.
 
* * *
 
Di luar hutan, ketika cuti pulang kampung, Petruk mendengar desas-desus bahwa kedudukan Jaksa Agung tidak sah. Tidak pernah ada surat pengangkatan oleh perdana menteri. Itu menurut pakar hukum tata negara Prof. Mazendra. Betul atau tidak betulnya fakta ini Petruk tidak tahu betul. Biarkan itu jadi urusan Front Pembela Kebetulan. Tapi, dari kabar burung itu Petruk jadi teringat lakon yang sama. Raden Jayajatra juga gak punya surat pengangkatan sebagai orang Kurawa lho.
 
”Ooo..gichu to? So actually Jayajatra itu not orang Kurawa?” tanya lelaki di sebelah Petruk. Lelaki mirip pemain bola Jose Antonio Reyes dari Atletico Madrid ini adalah teman seperjalanan kereta api Petruk yang akan melintasi stasiun Tugu.
 
”No. Jayajatra is all Pandawa men malah. Dia itu ari-arinya Bima. Tapi bungkus Bima ini kuat sekali. Ndak pecah-pecah. Akhirnya sekjen dewata Batara Narada cawe-cawe…”
 
”What? Cewek-cewek?”
 
”No. Cawe-cawe is Down-Hand…Turun tangan. Narada meminta gajah Astina bernama Sena untuk menendang bungkus itu. Bungkus pecah. Ketuban muncrat. Bima nongol. Bungkusnya tersapu angin menjadi Bambang Sagara alias Arya Tirtanata…ya Raden Jayajatra. Tanpa surat pengangkatan, Mahapatih Sengkuni dari Kurawa membiarkan Jayajatra bergabung dengan Kurawa, dibiarkan merasa jadi anggota kesebelasan itu.”
 
* * *
 
Di dalam hutan, Gareng dan Bagong tidak tahu bahwa Petruk masih dalam perjalanan dengan kereta api. Mereka hanya tahu, harusnya hari itu Petruk sudah habis masa cutinya. Petruk sudah harus masuk kerja menemani pengungsian para majikan.
 
Andai Petruk telah tiba, Arjuna dan para Pandawa ndak perlu repot-repot meninggalkan hutan karena yang menandai keberadaan mereka baru Jayajatra. Penyidik ini tidak mempunyai surat pengangkatan resmi dari godfaher Kurawa, Prabu Duryudana.
 
Kalaupun Pandawa harus meninggalkan hutan juga karena sudah bosan hampir 12 tahun tenguk-tenguk di dalamnya, saban hari mbumbuti lintah di badan, keberadaan Petruk akan membuat Raden Arjuna mantab. Arjuna tak perlu ragu-ragu untuk menyamar menjadi koruptor bernama Raden Wraha Rekening.
 
Oooo…cuti pulang kampung membawa berkah buat Petruk. Di kampung dia dapat banyak pelajaran yang tak mampu diraihnya dari dunia wayang. Petruk akan matur pada Ndoro Arjuna, ”Sudahlah. Jadi koruptor lebih aman kok. Kalau ada koran atau majalah bikin kabar soal rekening Ndoro, kalem saja. Ndoro tidak akan diusut. Kedok Ndoro tidak akan terungkap. Yang akan diusut bukan pelaku koruptornya kok, tapi siapa yang menyebarkan nomor rekening itu ke koran…dakwaannya melanggar rahasia negara.”
 
Ah, sayang disayang Petruk belum sampai di hutan itu. Ia masih dipijeti oleh suster di rumah sakit. Kereta apinya masuk jurang.
 
Lalu masuk ke rumah sakit itu Front Pembela Kebetulan. Petruk senang. Mereka pasti akan memburu siapa saja yang ndak betul, yang jadi biang keladi kecelakaan kereta api berkali-kali.
 
”Sssttt…Bukan,” isyarat suster, ”Mereka akan merazia suster-suster yang pakaiannya seksi…”
 
 
https://www.facebook.com/notes/r-yacob-christian-sihombing/kaum-waria-di-negeri-wirata/1101964643188913
06 Februari  2016